Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau objek. Membuat dan
mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)
secara digital. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah pemodelan 2D yang kemudian berkembang menjadi Pemodelan 3D, grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi
data. Jadi saya sebagai penulis mengasumsikan yang dimaksud dengan Pemodelan Grafik ialah
"Pembentukan suatu benda-benda atau Objek dengan menggunakan manipulasi gambar secara digital ( Menggunakan komputer atau peralatan digital lainnya ) baik dengan bentuk pemodelan 2D atau 3D, sehingga Objek tersebut terlihat seperti hidup".
Pemodelan Grafik dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik pada kehidupan nyata:
"Pembentukan suatu benda-benda atau Objek dengan menggunakan manipulasi gambar secara digital ( Menggunakan komputer atau peralatan digital lainnya ) baik dengan bentuk pemodelan 2D atau 3D, sehingga Objek tersebut terlihat seperti hidup".
Pemodelan Grafik dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik pada kehidupan nyata:
- Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
- Peta (Cartography)
- Kesehatan
- Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
- Sistem multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra
- Simulasi
Seperti dijelaskan di atas manipulasi gambar dilakukan secara digital untuk itu kita harus memiliki tools/ perangkat dalam bentuk software, untuk merepresentasikan pemodelan grafik tersebut dalam bentuk nyata. Banyak sekali perangkat-perangkat untuk mendesain sebuah pemodelan baik pemodelan secara 2D ataupun secara 3D, berikut adalah beberapa contoh tools/ perangkat yang saya ambil dari beberapa sumber di internet beserta penjelasannya :
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
- Inkscape
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
- Pixelmator
- Manga studio
- Gimp
- Pos Free Photo Editor
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk
mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti
karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program
ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara
ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat
menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition
- Camtasia
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program
yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat
sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan,
maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.
Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan
suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan
lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
- Xara 3D
- 3Ds Max
- Houdini
- Lightware
- Blender
- Pixar
- Maya
- Poser
- AutoCad
- Zmodeler
7. Software tipografi
- Fontographer
- AMP Font Viewer
Sekian artikel untuk materi kali ini yang dapat saya tulis untuk kekurangan dalam segi penulisan, isi, atupun penyampaian yang kurang berkenan, saya memohon maaf. Berikut saya sertakan link-link dari artikel lain yang saya jadikan sumber. Terima kasih
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://ilhamsk.com/desain-pemodelan-grafik/
http://update-knowledges.blogspot.com/